Gempa Magnitudo 5,2 tak Terasa Warga Bali

HK
Oleh Happy Karundeng
Senin 10 Juni 2019
share
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala BPBD Bali, Made Rentin mengatakan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 terjadi di Bali namun tak dirasakan mayoritas warga. Kegiatan warga maupun wisatawan berjalan normal.

"Kami (BPBD Provinsi Bali) melakukan assessment ke seluruh wilayah di Pulau Bali, dengan melakukan pengumpulan data lewat Tim BPBD Kabupaten/Kota seluruh Bali. Hasil yang kami dapatkan bahwa hanya di Kabupaten Gianyar yang merasakan adanya gempa tetapi nihil kerusakan dan juga nihil korban," katanya dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (9/6/2019).

Menurutnya dari 9 kabupaten/kota gempa magnitudo itu hanya dirasakan di Gianyar. Sementara Karangasem, Klungkung, Bangli, Buleleng, Tabanan, Jembrana, Badung dan Denpasar tidak merasakan gempa.

"Delapan daerah lainnya tidak merasakan adanya gempa, mungkin karena masyarakat sedang beraktivitas sehingga tidak merasakan adanya goncangan," jelasnya.

Ia pun mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik karena gempa ini tidak berpotensi tsunami. Ia berharap aktivitas warga tetap normal.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik, ikuti arahan petugas dan selalu update informasi yang bersumber dari lembaga resmi yaitu BMKG dan juga kami BPBD akan selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat," tuturnya.

"Saat ini kegiatan masyarakat masih tetap normal, para wisatawan pun masih menikmati liburan sisa akhir pekan di beberapa obyek wisata di Bali," sambungnya.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 16.47 WIB, Minggu (9/6). Pusat gempa berjarak 331 km sebelah tenggara Nusa Dua. Pusat gempa berada di kedalaman 10 Km. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA