DPR Nilai Mudik Lebaran Tahun Ini Perlu Evaluasi

RM
Oleh Ray Muhammad
Selasa 11 Juni 2019
share
Ketua DPR Bambang Soesatyo - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai masih perlunya evaluasi penyelenggaraan mudik Lebaran 2019 oleh Pemerintah.

Evaluasi ini tentunya seluruh jalur mudik, baik melalui darat, laut, maupun udara. Bamsoet mengatakan, pihaknya mendukung rencana evaluasi dan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah berhasil meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang digunakan masyarakat untuk mudik.

"Sehingga mudik Lebaran 2019 lebih lancar dan mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dibandingkan tahun sebelumnya," kata Bamsoet, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Ia juga mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (Kementerian PUPR), Kepolisian, bersama perusahaan angkutan umum dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengevaluasi pelaksanaan mudik Lebaran 2019.

"Perlu evaluasi untuk mencari solusi demi meningkatkan kelancaran pada mudik Lebaran maupun libur hari besar selanjutnya," ucapnya.

Ia turut menyampaikan dukungan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (Kementerian PUPR) yang berencana mengubah desain tempat peristirahatan di jalan tol (rest area).

"Kami juga mendorong Kementerian PUPR untuk membuat aturan yang jelas mengenai pengaturan tempat istirahat, mengingat tempat peristirahatan di jalan tol menjadi salah satu titik utama kemacetan di jalan tol," ungkapnya. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA