Tenar di ITB, Koboy Kampus Era 90-an Hadir Kembali

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Juni 2019
share
(Foto: istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Istilah "Koboy Kampus" tenar di kalangan mahasiswa era 1995 hingga 1998. Untuk mengembalikan memori itu, novelis Pidi Baiq akan merilis film terbarunya berjudul "Koboy Kampus".

Istilah "Koboy Kampus" merupakan julukan bagi mahasiswa yang tak kunjung lulus alias masih betah berlama-lama di kampus. Istilah itu semakin populer berkat band The Panas Dalam yang dimotori Pidi Baiq.

"Istilah Koboy Kampus muncul di lingkungan ITB setelah adanya lagu Koboy Kampus yang dibawakan oleh The Panas Dalam," kata Pidi Baiq di Jakarta, baru-baru ini.

Pidi berkelakar, saking tenarnya istilah "Koboy Kampus" di era-90 sampai-sampai muncul sebuah negara baru.

"Kebanyakan mahasiswa yang menyandang koboy kampus adalah penduduk The Panas Dalam yang pada tahun 1995 didirikan sebagai negara," ujarnya tertawa.

Cerita tentang kehidupan koboy kampus itu dituangkan Pidi Baiq melalui sebuah film yang menarik. Pidi Baiq mengaku tak perlu melakukan riset mendalam, sebab di kehidupan nyata, dia sempat bersentuhan dengan kelompok koboy kampus tersebut.

"Saya kan kawannya koboy-koboy kampus itu. Jadi dengan sendirinya saya tahu, siapa dan bagaimana kiprah mereka di dunia yang fana ini," ujar penulis yang mendapatkan IKAPI Award 2017 itu.

Film "Koboy Kampus" yang diproduksi 69 Production bersama MNC Pictures ini dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air mulai 25 Juli 2019. Film ini dibintangi oleh Jason Ranti, Danilla Riyadi, Bisma Kharisma, Vinny JKT48, Ricky Harun, Ink Rosemarry, dan David John. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA