Mahfud Harap Hakim MK harus Pintar Memvonis

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Kamis 20 Juni 2019
share
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengatakan tidak ada aturan yang dilanggar karena pejabat mengajak masyarakat agar tak golput dalam pemilu 2019.

"Tidak ada (aturan yang dilanggar). Artinya, pemerintah dalam tahun sekian terakhir menaikkan indeks ekonomi, kenaikan indeks demokrasi sekian dan lainnya. Apa salahnya? Siapa saja dari pemerintah harus melakukan itu," kata Mahfud, Kamis (20/6/2019).

Namun, Mahfud meyakini sebagian publik menyaksikan sidang gugatan hasil pemilu presiden 2019 di Mahkamah Konstitusi. Sehingga, rakyat bisa mengetahui siapa yang bohong dan berdrama.

"Rakyat kan tidak bodoh. Itu sudah terlihat semua dari sidang-sidang. Nah, masyarakat biar nonton sampai MK membuat vonis," ujarnya.

Maka dari itu, Mahfud menyarankan hakim MK dalam membuat vonis harus pintar menilai setiap butir pernyataan saksi-saksi. Misal, saksi ini salah tapi salah faktanya atau dibantah dengan fakta lain.

"Itu namanya MK yang bener. Jangan hanya mengatakan gugatan dikabulkan misalnya atau gugatan ditolak. Jangan hanya begitu. Harus ada argumen seperti, ya ini pengalaman saja, bukan karena saya," jelasnya. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA