Taufik Divonis 6 Tahun

KPK Senang Hak Politiknya Dicabut

IS
Oleh Ivan Setyadhi
Senin 15 Juli 2019
share
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi vonis majelis hakim tipikor kepada Wakil Ketua DPR nonaktif Taufik Kurniawan.

Taufik divonis 6 tahun penjara dalam pengurusan Dana Alokasi Khusu (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

"Kami melihat hampir seluruh dakwaan KPK dinyatakan terbukti oleh hakim, demikian juga pertimbangan dan analisis Penuntut Umum yang juga diterima majelis," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah lewat pesan singkat, Senin (15/7/2019).

Salah satu poin penting dalam putusan terhadap Taufik adalah pencabutan hak politik. Majelis hakim memutuskan mencabut hak politik Taufik selama 3 tahun setelah selesai menjalani hukuman.

KPK berharap hukuman tambahan pencabutan hak politik dapat secara konsisten diterapkan, terutama untuk kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh politisi yang menduduki jabatan publik.

"Karena jika seorang politisi melakukan korupsi, maka hal tersebut sekaligus menciderai kepercayaan masyarakat yang memilih sebelumnya. Apalagi terdakwa ini pimpinan DPR," terang Febri.

Setelah mendengar putusan terhadap Taufik, KPK akan menunggu salinan putusan serta analisis dari Jaksa Penuntut Umum untuk menentukan langkah selanjutnya. [rok]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA