LHK Minta Pemda Data Lahan yang Mau Dibuka

IH
Oleh Indra Hendriana
Kamis 01 Agustus 2019
share
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta pemerintah daerah (pemda) melakukan pendataan lahan yang mau dibuka oleh masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Sebab, sejauh ini masyarakat yang ingin membuka lahan dengan membakar. Nah apabila pemda punya data lahan yang ingin dibuka masyarakat, maka LHK dan pihak terkait melakukan pemantauan agar pembukaan lahan dilakukan dengan baik.

Pelaksana tugas Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Raffles Panjaitan , mengatakan, seharusnya dalam kegiatan membuka lahan tidak perlu dilakukan pembakaran. Caranya dengan ditebang. Nah kayu yang telah ditebang diolah lagi.

"Jangan dibakar, solusinya lahan ditebang, nanti hasil olahannya akan difasilitasi KLHK untuk pemasarannya," kata Raffles di KLHK, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Namun, saat ini KLHK kesulitan untuk melakukan pendampinhan. Karena tak memiliki data masyarakat yang hendak membuka lahan. Dengan data itu, maka pendampinhan akan dilakukan.

"Pemda harus aktif mendata desa mana yang punya lahan untuik dibuka, nanti dari pusat akan memfasilitasi, sekarang belum ada data," ujar dia.

Dia menuturkan, lahan milik masyarakat beda dengan perusahaan. Untuk perusahaan, KLHK punya data lengkap. Sehingga, pemerintah dengan mudah melakukan pendampingan dan melakukan penindakan bagi yang melanggar.

"Kalau perusahaan kan jelas ada datanya di KLHK bisa diakukan penegakan hukum kalau kedapatan membakar," ujar dia.[jat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA