DPR: Anggaran Ibu Kota Pindah Tak Masuk RAPBN 2020

IN
Oleh inilahcom
Rabu 21 Agustus 2019
share
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon bilang, nota keuangan dan RAPBN 2020 yang dibacakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak mencantumkan adanya anggaran untuk pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

"Selain itu, Presiden juga belum pernah mengajukan RUU ke DPR terkait rencana tersebut," kata Fadli lewat akun twitter yang dikutip di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Padahal, kata dia, untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta itu butuh anggaran besar, sekitar Rp466 triliun. Tentu saja, ini menjadi pertanyaan besar. Ya, lantaran kondisi APBN maupun swasta, saat ini, sedang tidak baik. "Apalagi keuangan BUMN kita, yang belakangan terbukti banyak korupsi, rekayasa dan banyak kerugian. Kita tidak punya kapasitas untuk membiayai pemindahan ibu kota," ujarnya.

Menurut politisi Gerindra ini, rencana pemindahan ibu kota, perlu pemikiran yang mendalam di saat perekonomian belum membaik. Suka atau tidak, banyak masalah yang mendera negeri ini, Mulai soal persoalan pangan, energi, dan air bersih yang sangat diperlukan publik.

Oleh karena, Fadli mengatakan, apabila pemindahan ibu kota tidak disertai dengan pertimbangan matang. Maka, hanya akan berujung pada permasalahan baru. Sehingga, rencana ini tidak bisa dilakukan hanya dengan tiba akal dan tiba tindakan.

"Saya pada kesimpulan bahwa rencana pemindahan ibu kota belum menemukan alasan yang tepat terkait wacana tersebut. Perlnya kajian yang mendalam itu meliputi anggaran dan infrastruktur. Pertanyaan yang muncul adalah apa urgensinya pemindahan ibu kota ditengah kita masih menghadapi persoalan ekonomi," tandasnya. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA