Jokowi Rencanakan Segera ke Papua

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Rabu 21 Agustus 2019
share
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencana akan melakukan kunjungan kerja ke Papua pada awal September 2019. Karena, rencananya Jokowi akan meresmikan jembatan di Papua.

"Baru kita atur tetapi dalam rangka meresmikan Jembatan Holtekam. Mungkin awal-awal bulan depan (September)," kata Jokowi, Rabu (21/8/2019).

Menurut dia, saat ini situsi di Papua dan Papua Barat sudah kondusif. Karena, Jokowi telah menghubungi langsung Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menanyakan situasi disana.

"Tadi pagi saya telepon Pak Gubernur Mandacan di Papua Barat untuk tanyakan mengenai Manokrawi seperti apa. Sudah baik. Sorong seperti apa, sudah baik," ujarnya.

Di samping itu, Jokowi juga menyebut situasi di Fakfak Papua Barat juga sudah aman setelah adanya aksi unjuk rasa yang diwarnai pembakaran serta perusakan fasilitas umum pada Rabu (21/8/2019).

"Di Fakfak juga mulai terkondisikan baik semuanya," ujarnya.

Untuk diketahui, massa membakar Gedung DPRD Manokrawi dan beberapa fasilitas umum pada Senin (19/8/2019). Selain itu, unjuk rasa juga terjadi di Jayapura.

Kedua aksi ini diduga akibat kemarahan warga Papua sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Jawa. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA