Zulhas Anggap Pemindahan Ibu Kota Hal Biasa

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Minggu 25 Agustus 2019
share
Ketua MPR Zulkifli Hasan - (inilahcom)

NILAHCOM, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengomentari wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimatan Timur. Zulhas sapaan akrabnya memandang pemindahan ibu kota adalah hal yang biasa, mencontoh pada negara-negara lain.

"Saya beranggapan pindah ibu kota itu kan sesuatu yang biasa saja. Brazil itu kalau nggak salah tiga kali, empat kali pindah. Besok Kalimantan, nanti ada yang baru lagi, pindah lagi ke Sumatra, bisa saja," kata Zulkifli Hasan kepada wartawan, Minggu (25/8/2019).

Meski dianggap hal yang biasa saja, Zulhas mengingatkan pemerintah untuk mempersiapkan secara matang jika pemindahan ibukota benar-benar dilakukan. Mulai dari SDM hingga infrastruktur.

"Katanya untuk pemerataan. Jadi saya sih biasa, tergantung persiapannya yang bagus, lihat dulu sumber berdaya alamnya, lingkungannya mendukung apa tidak situasinya," ujarnya.

Namun, Zulhas meminta pemerintah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tengah terjadi seperti kerusuhan yang terjadi di Papua serta pemerataan ekonomi di seluruh wilayah.

"Sekarang lagi masalah Papua, (pemindahan ibu kota) kita tinggal dulu menurut saya, nanti kalau sudah bagus sudah ini, ekonomi sudah bagus, silakan. Nanti kalau 10 tahun lagi mau pindah ke tempat saya di Lampung kan oke juga," jelasnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA