WIKA Geser IPO Anak Usaha Jadi Tahun 2020

MF
Oleh M Fadil Djailani
Rabu 28 Agustus 2019
share
Direktur Utama WIKA, Tumiyana - (Foto: Inilahcom/M Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menunda rencana pelaksanaan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dua anak usahanya di tahun depan.

Tujuannya untuk menunggu kondisi pasar dan kebijakan pemerintah terkait induk usaha Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Perumahan. "IPO Wika Industri dan Konstruksi semoga dapat dilakukan pada kuartal I 2019," kata Sekretaris Perusahaan WIKA, Mahendra Vijaya di gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (28/8/2019).

Ia menjelaskan, WIKA mengharapkan anak usaha tersebut dapat meraih dana IPO sebesar Rp1,5 triliun hingga Rp2 triliun. Ini hasil melepas sekitar 30% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh. Sebelumnya emiten konstruksi pelat merah itu merencanakan tahun 2019 akan melepas dua anak usaha yakni Wika Industri dan Konstruksi dan Wika Realty.

Sementara itu, Direktur Utama WIKA, Tumiyana mengatakan rencana IPO PT Wika Realty masih menunggu kebijakan dari induk usaha BUMN Perumahan. Untuk anak usaha di bidang perumahan ini telah melakukan uji tuntas IPO tahun 2018 lalu. "Kita coba holding terlebih dahulu, jadi tanya kementerian BUMN," kata dia.

Ia menambahkan, PT Wika Realty mengincar dana segar dari pasar modal sebesar Rp2 triliun hingga Rp3 triliun. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA