Sudin LH Jakut Kesulitan Bersihkan Lautan Sampah

RM
Oleh Ray Muhammad
Selasa 03 September 2019
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Utara menanggapi viralnya potret foto dan video pemandangan sampah yang berserakan di sekitar pemukiman warga di Kampung Bengek, Penjaringan, Jakarta Utara baru-baru ini.

Pihak Sudin LH setempat mengaku telah menerima laporan tersebut dan mengaku kesulitan menangani sampah yang diketahui berada di atas lahan milik Pelindo.

Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Sudin LH Jakarta Utara Matsani mengatakan sampah tersebut berserakan di sekitar lahan tersebut sudah lima tahun.

"Kalau dilihat memang dipagar tembok dan oleh warga dibolongi. Jadi, ada jalan setapak motor. Setiap gang ada tembok bolong. Arah masuk ke Pelindo," katanya, Selasa (3/9/2019).

Ia menambahkan, bangunan yang ada di atas lahan tersebut merupakan bangunan liar. Adapun luas lahan yang tercemar sampah mencapai 2 hektar dari total luas lahan 6 hektar yang dimiliki Pelindo.

"Kalau dilihat sih, sampah sekitar berserakan memanjang, bukan menggunung. Kami sudah melakukan upaya bersih-bersih mengangkut lautan sampah tersebut. Dari hari Sabtu dikerjakan. Sabtu-Minggu juga sudah dikerjakan," jelasnya.

Lebih jauh, saat ini pihak Sudin LH Jakut tengah menunggu respons dari pihak Pelindo untuk membersihkan sampah di Kampung Bengek.

"Kalau dari Pelindo meminta Pemda bersihkan sampah, bangunan liar nanti kami yang akan menggusur. Mungkin dari pihak kita gubernur atau setingkat akan memanggil Pelindo dan menanyakan akan seperti apa. Kalau mereka mau bantu, tentu siap," pungkasnya. [rok]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA