Jokowi Kaji Bangun Istana Presiden di Papua

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Selasa 10 September 2019
share
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdiskusi dulu mengenai adanya aspirasi tokoh Papua yang ingin dibangun Istana Presiden di Papua saat pertemuan dengan para tokoh Papua dan Papua Barat, Selasa (10/9/2019).

"Dengan kebijakan memindahkan istana ke Kalimantan, saya juga minta dengan hormat untuk membangun Istana Presiden Republik Indonesia di Papua," kata Abisai di Istana Negara, Selasa (10/9/2019).

Kemudian, Jokowi menanggapi bahwa kesulitan di Papua itu adalah memiliki tanah. Namun, Jokowi menyambut baik kesediaan tokoh Papua yang ingin memberikan tanah seluas 10 hektar untuk dibangun Istana Presiden di Papua.

"Ini kan di sana yang sulit tanahnya, ini tanahnya tadi sudah disediakan benar? 10 hektare gratis? Gratis? 10 hektare benar? Sudah ada? Hari ini de facto sudah diserahkan," ujarnya.

Setelah itu, Jokowi langsung berdiskusi dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengenai adanya tanah yang diberikan tokoh Papua seluar 10 hektar. Tujuannya, kata dia, agar tidak ada keputusan keliru.

"Ini saya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusannya tidak keliru. Nanti saya ngomong iya, duitnya tidak ada. Ya, jadi mulai tahun depan istana dibangun," jelasnya. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA