Jokowi Tak Mau Independensi KPK Terganggu

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Rabu 11 September 2019
share
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mempelajari dulu tentang poin usulan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, terutama mengenai pembentukan dewan pengawas maupun kewenangan SP3.

"Saya ingin melihat dulu DIM-nya (daftar inventarisasi masalah), jangan sampai ada pembatasan-pembatasan yang tidak perlu. Sehingga, independensi KPK menjadi terganggu," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Kini, Jokowi mengaku sudah menerima daftar inventarisasi masalah terkait draft revisi UU KPK dari Kementerian Hukum dan HAM. Maka, Jokowi mau mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mengeluarkan surat presiden (surpres).

"Kita ini baru melihat DIM-nya dulu. Nanti kalau surpres kita kirim, besok saya sampaikan. Nanti materi-materi apa yang perlu direvisi," ujarnya.

Kemudian, Jokowi juga sudah meminta pendapat secara maraton kepada para pakar, kementerian dan lainnya. Sehingga, begitu DIM dilihat sudah punya gambaran.

"Maka saya mau lihat dulu, nanti satu per satu kita pelajari, putusin dan saya sampaikan. Kenapa ini iya, kenapa ini tidak karena tentu saja ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dalam DIM-nya," tandasnya. [rok]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA