Anies Dorong Setu Babakan Jadi Pusat Studi Betawi

MY
Oleh Muhamad Yusuf Agam
Minggu 15 September 2019
share
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ingin mengembangkan Pusat Perkampungan Betawi Setu Babakan menjadi pusat studi budaya Betawi. Salah satunya dengan menjadikan rujukan para peneliti yang akan menulis soal Betawi.

"Kita harap nantinya kampung ini jadi rujukan kalau ada peneliti datang dari dunia internasional. Kalau ingin tahu budaya Betawi, datang ke sini. Ingin menulis, datang ke sini," ucap Anies dalam sambutan Milad ke-19 Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).

"Insyaallah kampung ini benar-benar menjadi kampung bukan saja destinasi wisata, bukan saja pusat kebudayaan, tapi juga pusat pengembangan dan publikasi budaya Betawi," imbuh dia.

Dalam perayaan 19 tahun Perkampungan Budaya Betawi ini Anies juga berharap budaya Betawi berkembang. Dia ingin budaya Betawi bisa menjadi tuan di tanah sendiri dan bisa memesona di tempat lainnya.

"Supaya perkampungan ini tumbuh berkembang bukan saja secara fisik, tapi ada kajian-kajiannya sehingga budaya Betawi benar-benar bisa menjadi. Yang menjadi harapan saya, yaitu dua hal. Tuan rumah di tanah sendiri dan tamu memesona di tempat lain," ujar Anies.

Anies pun berjanji Pemerintah Provinsi (Pemrov) akan mendukung upaya untuk pengembangan budaya Betawi tersebut.

"Insyaallah kita akan sama-sama dorong, Pemprov DKI Jakarta akan mendukung pengembangan Perkampungan Budaya Betawi ini," ujarnya. [gam]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA