Soal Dewan Pengawas

KPK Khawatir Kinerjanya Justru Tak Terkontrol

IS
Oleh Ivan Setyadhi
Kamis 19 September 2019
share
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif khawatir ke depan kerja KPK jusrtu tak terkontrol pasca disahkannya Revisi UU KPK oleh DPR RI.

Salah satu poin yang dikhawatirkan Laode, adalah persoalan Dewan Pengawas (Dewas). Nantinya, setiap kerja penyelidikan, penyelidikan sampai penuntutan, bakal melalui persetujuan Dewas.

"Akan menambah rantai pekerjaan yang panjang. Dan dewan pengawas bukan penegak hukum. Jadi siapa yang akan mengatur kendali penegakan hukum didalam KPK," kata Laode di markas KPK, Kamis (19/9/2019).

Meski bernama pengawas, dewan yang bakal dibentuk ini justru memiliki peran setara atau bahkan lebih tinggi dari Komisioner KPK. Beberapa peran itu di antaranya memberikan atau tidak memberikan izin penyadapan, penyitaan dan penggeledahan. Dengan demikian, Dewan Pengawas masuk dalam proses penegakan hukum yang dilakukan KPK.

"Jadi katanya ini supaya ingin dikontrol, sekarang ga ada yang bisa mengontrol karena sebenarnya secara teoritis dewan pengawas bukan penegak hukum," ungkapnya. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA