Jokowi Minta DPR Tunda Pengesahan Rancangan KUHP

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Jumat 20 September 2019
share
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengesahan Rancangan KUHP ditunda tidak dilakukan oleh anggota DPR periode 2014-2019, karena masih ada beberapa materi yang harus didalami lagi lebih lanjut.

Jokowi mengaku terus mengikuti perkembangan pembahasan Rancangan KUHP secara seksama, kemudian meminta masukan-masukan dari berbagai kalangan yang keberatan dengan substansi Rancangan KUHP.

"Masih ada materi yang butuh pendalaman lebih lanjut," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/9/2019).

Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk menyampaikan sikap pemerintah kepada DPR RI supaya pengesahan Rancana KUHP ditunda dan pengesahan tidak dilakukan DPR periode ini.

"Saya harap DPR punya sikap sama sehingga pembahasan Rancangan KUHP dilakukan DPR periode berikutnya. Saya perintahkan Menkum HAM kembali jaring masukan-masukan dari berbagai kalangan masyarakat sebagai bahan sempurnakan Rancangan KUHP yang ada," ujarnya.

Menurut dia, ada kurang lebih 14 pasal yang perlu ditinjau ulang. Maka, harus dikomunikasikan lagi dengan DPR maupun masyarakat yang tidak setuju terhadap materi yang ada. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA