Jokowi Tegaskan Tak Ada Perppu KPK

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Senin 23 September 2019
share
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait UU KPK Nomor 30 tahun 2002 yang baru disahkan revisinya oleh DPR RI.

"Enggak ada (Perppu)," kata Jokowi di Istana Merdeka, Senin (23/9/2019).

Di samping itu, Jokowi mengungkapkan alasan kenapa beda sikap terhadap pengesahan Rancangan KUHP agar ditunda dengan revisi UU KPK. Menurut dia, revisi UU KPK merupakan usulan inisiatif dari DPR.

"Yang satu itu (revisi UU KPK) inisiatif DPR. Ini (RKUHP) pemerintah aktif, karena memang disiapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Seharusnya, kata dia, masukan-masukan dari masyarakat itu didengar oleh masyarakat, bawa dan sampaikan dratf materi serta substansinya yang perlu dimasukkan ke DPR.

"Masyarakat kalau mau menyampaikan materi-materi, silahkan ke DPR. Saya kira DPR akan mendengar itu," jelas dia.

Untuk diketahui, Jokowi telah meminta kepada DPR supaya menunda pengesahan terhadap empat RUU saat melakukan pertemuan konsultasi dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo di Istana Merdeka pada Senin (23/9/2019).

Empat RUU yang diminta ditunda pengesahannya oleh Jokowi yakni RUU Pertanahan, RUU Minerba, RKUHP dan RUU Pemasyarakatan. Sebaiknya, kata Jokowi, keempat RUU tersebut disahkan oleh DPR periode 2019-2024. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA