BMKG Tepis Kabar Tsunami Akan Datang Di Ambon

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 28 September 2019
share
Deputi bidang geofisika BMKG, Muhamad Sadly - (Istimewa)

INILAHCOM, Maluku - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan secara statistik frekuensi kejadian gempa di pulau Ambon dan sekitarnya cenderung semakin mengecil.

Hasil monitoring BMKG terhadap gempa bumi Kairatu, Ambon dan Haruku hingga Jumat 27 September 2019 pukul 10.00 WIB, menunjukkan telah terjadi 264 kali gempa susulan, dengan magnitudo terbesar 5,6 dan terkecil 3.0.

"Monitoring BMKG terhadap gempa bumi yang terjadi kemarin (26/9/2019) secara statistik frekuensi kejadian gempa cenderung semakin mengecil," kata Deputi bidang geofisika BMKG, Muhamad Sadly, Jumat (27/9/2019).

Dikatakannya, terkait isu akan terjadi gempa besar dan tsunami di Ambon, Teluk Piru dan Saparua adalah tidak benar atau berita bohong (hoaks).

"Untuk itu masyarakat diimbau agar tidak terpancing isu atau berita bohong yang beredar, dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Terkait informasi gempa bumi dan tsunami, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarluaskan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA