FORMAPPI: Bagaimana Sikap DPR Baru atas UU KPK ?

WN
Oleh Willi Nafie
Rabu 02 Oktober 2019
share
Peneliti FORMAPPI, Lucius Karos - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI) mengatakan pekerjaan rumah utama parlemen baru setelah pelantikan adalah bagaimana mengembalikan kepercayaan publik yang belakangan secara vulgar ditunjukkan melalui aksi massa yang memprotes kualitas legislasi yang dihasilkan DPR.

"DPR mestinya sudah langsung mulai memperlihatkan geliat untuk langsung bekerja. Jangan sampai terlalu lama berpesta merayakan pelantikan karena rakyat sudah tak sabar menunggu langkah nyata parlemen," kata Peneliti FORMAPPI, Lucius Karos, Rabu (2/10/2019).

Sikap tegas pertama harus dibuktikan DPR atas komitmen pemberantasan korupsi dengan menyerap aspirasi publik dalam menghadapi proses lanjutan atas pengesahan UU KPK yang kontroversial. Kontroversi kualitas UU KPK muncul karena proses pembahasan di parlemen tak transparan.

"Ketidaktransparanan proses berbanding lurus dengan rendahnya kualitas hasil yang ditunjukkan melalui upaya DPR untuk melemahkan KPK sekaligus mengerdilkan misi pemberantasan korupsi. Bagaimana sikap parlemen baru atas UU KPK ini," tutupnya. [rok]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA