Polri : JAD Cirebon Siapkan Bom Racun Berbahaya

IN
Oleh inilahcom
Rabu 16 Oktober 2019
share
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri mengatakan kelompok teroris jaringan Jamaah Ansharu Daulah (JAD) yang ditangkap di Cirebon telah menyiapkan bom-bom dengan daya ledak tinggi. Bom ini punya bahan yang beracun.

"Bahwa untuk bom-bom yang sudah dipersiapkan untuk digunakan oleh society bomber memiliki daya ledak yang cukup tinggi atau high eksplosif. Bom ini berbeda dengan yang dirakit oleh kelompok JAD maupun teroris yang lainnya, campuran kimianya lebih berbahaya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Selasa (15/10/2019).

Brigjen Dedi mengatakan hasil uji laboratorium, bahwa bom yang disiapkan JAD Bandung bisa membunug 100 orang. Sebab, ada kandungan racun yang cukup berbahaya.

"Kalau ini menggunakan berbagai macam bahan selain bahan-bahan NAO3, urea, metanol, RDX, HMTD, ditambah bahan racun. Dari hasil uji laboratorium forensik namanya racun Abrin, karakteristiknya cukup berbahaya dengan jumlah kurang lebih hanya 0,7 mikrogram, racun ini dapat membunuh 100 orang," ujarnya.

"Racun jenis ini memang masih didalami oleh laboratorium forensik Polri di dapat dari mana dan nanti akan sampaikan juga," sambung dia.

Adalah S dan LT yang menyiapkan bom tersebut. Keduanya ditangkap hari ini oleh Densus 88 Antiteror. LT juga dipersiapkan sebagai suicide bomber.

"Bomnya sudah siap semuanya dan ada berapa bom yang sudah siap udah cukup canggih juga teknologi yang digunakan dan untuk saudara LT sudah dipersiapkan sebagai suicide bomber. Sasarannya adalah Mako Polri yang berada di Cirebon dan tempat ibadah di Cirebon," ungkapnya. [gam]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA