Bea Cukai Ungkap 31 Kg Sabu di Kemasan Teh

IN
Oleh inilahcom
Rabu 23 Oktober 2019
share
(Foto: BeaCukai/dok)

INILAHCOM, Jakarta - Bea Cukai Pasar Baru bekerja sama dengan Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, berhasil mengungkap sindikat narkotika jenis sabu seberat 31 kg, yang merupakan jaringan internasional Thailand-Indonesia, pada Kamis (17/10/2019).

Kepala Kantor Bea Cukai Pasar Baru, Kurnawi, mengungkapkan petugas Bea Cukai mendapat informasi beberapa hari sebelumnya terkait adanya pengiriman sabu dari Thailand ke Indonesia melalui jasa kiriman pos. "Penyelidikan dilakukan di salah satu hotel di Kuningan Jakarta Selatan, setelah didapati kecurigaan oleh petugas X-ray Bea Cukai, melalui Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta Pusat," ungkap Kurnawi.

Terdapat tiga orang tersangka, dua diantaranya warga negara asing (WNA) dan satu orang warga negara indonesia (WNI). Ketiganya didapati barang bukti berupa dua buah kardus cokelat, yang didalamnya terdapat narkotika golongan I jenis sabu, yang diselundupkan ke dalam 30 kemasan teh Guanyinwang.

Krisno, Direktur Tindak Pidana Narkoba, menjelaskan akan mengembangkan penyelidikan jaringan narkotika internasional Nigeria-Indonesia. "Sindikat ini tentunya memiliki hubungan jaringan narkotika internasional lainnya yang juga akan memasuki wilayah kita, maka dari itu, petugas kami akan terus mengembangkan penyelidikan hingga tuntas," jelas Krisno.

Selanjutnya, atas ketiga tersangka akan mendapatkan ancaman hukuman pidana mati, penjara seumur hidup atau pidana penajara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA