Jokowi Terlalu Berani Tunjuk Nadiem Jadi Mendikbud

WN
Oleh Willi Nafie
Kamis 24 Oktober 2019
share
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Politisi Muda PKS Ahmad Fathul Bari mengapresiasi sekaligus menilai Presiden Jokowi terlalu berani menunjuk Nadiem Makarim, mantan CEO Gojek, menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Nadiem dilantik dalam usia yang relatif muda, dengan ruang lingkup tugas yang besar dan sangat strategis, bahkan menjadi pemangku segala hal terkait pendidikan dan kebudayaan, yang di dalamnya juga mengelola hal yang terkait dengan para tenaga pendidik, dosen, dan guru besar.

"Dengan ditunjuknya Nadiem sebagai Mendikbud, Jokowi berani mendobrak banyak hal" ujar Fathul, kamis (24/10/2019).

Mengenai posisi menteri untuk anak muda, lanjut Fathul, sebetulnya di negara lain sudah cukup banyak. Dinamika yang berkembang memang menuntut berbagai negara untuk menjadikan anak muda sebagai menteri, baik karena tuntutan politik atau konstituen serta karena perkembangan sosial masyarakat yang sangat cepat membutuhkan sentuhan sosok anak muda.

"Contohnya di Malaysia ada Syed Syadiq, atau kita juga pernah dengar nama Najat Vallaud-Belkacem, yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan di Perancis saat usianya 37 tahun," tutupnya. [rok]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA