Bank Mandiri Catat CAR Capai 22,5%

IN
Oleh inilahcom
Selasa 29 Oktober 2019
share
Direktur Keuangan & Strategi Bank Mandiri Panji Irawan (kiri) berbincang dengan Direktur Treasury & International Banking Darmawan Junaidi (kedua kiri), Direktur Bisnis & Jaringan Hery Gunardi (tengah), Direktur Manajemen Risiko A. Siddik Badruddin (kedua - (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatat rasio Capital Adequacy Ratio (CAR) di posisi 22,50 persen dan rasio RIM di 91,72 persen per 30 September 2019.

"Saat ini, permodalan dan likuiditas kami berada pada situasi yang sangat baik. Rasio yang sangat baik ini jelas akan meningkatkan optimisme kami untuk bisa menjaga sustainabilitas kinerja," kata Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi di Jakarta.

Perseroan, sepanjang kuartal III tahun ini kredit perseroan mencapai 11,5 persen (YoY) secara tahunan atau mencapai Rp806,8 triliun. Pertumbuhan kredit tersebut dibarengi dengan perbaikan kualitas, dimana rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) gross turun 48 bps menjadi hanya 2,53 persen dibandingkan September tahun lalu.

Perbaikan ini membuat Bank Mandiri dapat menurunkan biaya CKPN sebesar 6,27 persen. Pertumbuhan kredit yang diiringi dengan perbaikan kualitas kredit dan pengendalian biaya operasional melalui dukungan otomatisasi serta digitalisasi, membuat Bank Mandiri dapat mencatatkan laba hingga Rp20,3 triliun, naik 11,9 persen dibandingkan pencapaian pada periode yang sama di tahun lalu.

"Pertumbuhan Bank Mandiri saat ini lebih kami utamakan untuk sustainabilitas jangka panjang sehingga pengukuran kinerja tidak hanya diukur pada akhir periode tetapi juga saldo rata-rata. Metode ini mampu menjadikan pertumbuhan bisnis Bank Mandiri menjadi lebih sustain dan berkualitas sehingga mampu meberikan nilai tambah yang jauh lebih baik bagi pemegang saham," kata Hery.[nes]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA