Jakarta Seperti Kampung, Anies : Obyektif Saja

IN
Oleh inilahcom
Rabu 27 November 2019
share
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meluruskan statement Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang membandingkan Kota Jakarta terlihat seperti kampung jika dibandingkan dengan Beijing, China.
Soal komparasi ini disampaikan Tito, dalam Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).
Menurut Anies, yang disampaikan Tito adalah memberikan gambaran transformasi yang dialami oleh Tiongkok selama empat dekade.
"Karena beliau menceritakan bagaimana analis-analis di akhir tahun 70an-80an mengantisipasi perubahan yang terjadi di Tiongkok," kata Anies, Selasa (26/11/2019).
Tito, lanjut Anies, juga menceritakan betapa cepatnya terjadi perubahan di Beijing. Lalu dalam konteks itu menceritakan atau membandingkan dua kota yakni Jakarta dan Beijing, yang pada waktu itu tahun 1998.
"Jadi menurut saya, tidak usah dilepaskan konteks percakapannya. Konteks percakapannya adalah konteks percakapan tentang transformasi. Itu artinya juga PR bagi kita untuk mempercepat transformasi. Dan ini obyektif saja," ucapnya.
Anies menambahkan, obyektif saja bahwa dalam beberapa dekade, perekonomian Tiongkok yang asalnya kecil, lompat sampai 100 kali lebih besar.
"Jadi melampauinya bukan hanya kasus Jakarta dan Shanghai. Tapi juga bagaimana Tiongkok dibandingkan dengan seluruh dunia. Lompatan 100 kali perekonomian itu dahsyat," tandasnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA