Tahun Depan, Gaji Pekerja Fintech Naik Tinggi

IH
Oleh Indra Hendriana
Jumat 29 November 2019
share
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Tahun depan, Indonesia diprediksi akan mengalami peningkatan pangsa pasar dan penambahan jumlah start-up berbasis digital. Terutama sektor financial technology (fintech).

Kalau itu benar, dompet digital bakal semakin meluas penggunaannya. Alhasil, pertumbuhan bisnis serta berbagai perubahan dalam dunia pembayaran digital, semakin menjanjikan lebih banyak lapangan pekerjaan di tahun depan.

"Tahun depan, kita juga akan menyaksikan bagaimana sektor-sektor baru akan bangkit, seperti agritech, logistic, pendidikan dan layanan kesehatan," kata Presiden Direktur Michael Page Indonesia, Olly Riches, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Hal ini tentu saja akan membantu peningkatan kesempatan bekerja yang lebih tinggi, seperti dilihat di Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020. Sebanyak 73% responden merasa positif tentang lapangan kerja yang tersedia.

Berdasarkan laporan ini, peningkatan gaji saat pindah kerja bervariasi di setiap industri. Untuk mereka yang berpindah ke pekerjaan baru dalam industri yang sama pada 2020, bakal menikmati kenaikan gaji tertinggi yaitu 50%. Yang ditawarkan industri digital dan teknologi, yang sejalan dengan bagaimana kedua sektor ini bertumbuh selama tiga tahun terakhir.

Menurut dia, industri digital dan teknologi menawarkan kenaikan gaji antara 15-50%. Peningkatan ini utamanya disebabkan oleh bertambahnya permintaan akan sejumlah posisi di dalam industri tersebut, seperti antara lain di level pimpinan di bidang teknis (engineering), pengembangan usaha digital, analisa data, manajer pemasaran dan manajer produk digital. "Selama tahun 2019, kita telah saksikan sendiri bagaimana industri teknologi semakin membutuhkan ahli-ahli di bidang Big Data dan keamanan dalam bidang cyber," kata dia.

Sementara, Associate Director Michael Page Indonesia Imeiniar Chandra mengatakan, ada tiga bidang yang paling banyak memberikan kesempatan pengembangan karir adalah teknik (engineering), sales, dan marketing.

"Industri digital dan teknologi selalu mencari kandidat-kandidat yang berpotensi di bidang teknis dan manajer produk. Hal ini yang juga perlu diantisipasi oleh para kandidat," kata dia.

Selain mencatat adanya kenaikan gaji saat pindah kerja di dalam industri digital dan teknologi, Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 juga mencatat kenaikan gaji di sektor lainnya. Profesional di dalam industri bisnis dan layanan keuangan, serta dari industri konsumsi dan retail dapat mengharapkan adanya kenaikan gaji.

"Rata-rata hingga 25%, sementara industri properti dan konstruksi menawarkan kenaikan antara 20-35% lebih tinggi bagi pencari kerja dengan latar belakang pengalaman teknik sipil dan desain, sales di sektor real estate dan commercial estate, serta pemegang sertifikasi PMP (Project Management Professional)," ujar dia.

Masuknya sejumlah investasi dari Eropa dalam sektor energi terbarukan dan pengoperasian penambangan (drilling) ke Indonesia juga telah mendorong peningkatan kebutuhan akan bakat-bakat baru dalam industri energi terbarukan, juga dalam bidang perminyakan dan gas.

Kalangan profesional yang berhasil mendapatkan pekerjaan baru di sektor ini akan menikmati kenaikan gaji hingga 10-15%. Di dalam sektor industri dan manufaktur, manajer-manajer SDM dan pabrik-pabrik yang beroperasi di luar Jakarta terus mencari kandidat-kandidat yang berpengalaman di sejumlah sektor yang terus berkembang, seperti sektor suku cadang otomotif, industri kimia dan plastik. Kenaikan gaji yang berkisar antara15-25% akan didapat oleh mereka yang berpindah bidang kerja di dalam sektor yang sama.

Report ini juga memperlihatkan kepercayaan dan optimisme para responden di Indonesia seputar perkembangan karir mereka di tahun 2020. Sebanyak 73% dari responden percaya bahwa mereka akan mendapat pekerjaan baru dalam waktu tiga bulan, sementara 61% dari responden yakin karir mereka akan semakin melaju di tahun depan.

"Kabar baiknya adalah dalam hal stabilitas makro ekonomi, besarnya pasar yang tersedia dan profil demografis, Indonesia saat ini pun mulai menikmati gelombang optimism serta arus investasi yang akan membawa negara ini ketingkat berikutnya dalam decade mendatang," kata dia. [ipe]


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA