Kamera eTLE Mulai Rekam Pelanggaran di Tol

HK
Oleh Happy Karundeng
Kamis 05 Desember 2019
share
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan hari ini, kamera Electronic Traffic Law Enforcement eTLE di jalan tol mulai diberlakukan dan baru di dua titik kamera ETLE tersebut terpasang. Namun, tidak dirinci dimana dua titik kamera dipasang.

"Saat ini dua titik kita pasang," katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/12/2019).

Ia menjelaskan, kamera ETLE di jalan tol akan mengirim sinyal ke NTMC Polda Metro Jaya jika ada pelanggaran di jalan tol. Kamera pun bisa mendeteksi kendaraan tidak taat pajak hingga kendaraan dengn nomor polisi palsu.

Kamera tentu juga bisa mendeteksi kecelakaan lalu lintas. Petugas NTMC Polda Metro Jaya nantinya akan langsung memberitahu petugas polisi terdekat guna memberi bantuan ke lokasi jika ada kecelakaan.

"Kalau ada kendaraan belum bayar pajak nanti kelihatan pas masuk tol, Kelihatan juga jika nomornya bodong," katanya.

Selain kamera ETLE di jalan tol, kamera ETLE di jalur Transjakarta pun mulai dioperasikan hari ini. Baru dua kamera yang terpasang sejauh ini. Jalan Sudirman dan Thamrin yang baru terpasang dua kamera itu. Gatot menjelaskan, kamera ini bisa mendeteksi kendaraan yang bukan termasuk dalam bus TransJakarta.

Kendaraan lain selain bus TransJakarta akan ditilang dengan mendeteksi nomor kendaraan. Sistem akan memberitahu ke operator NTMC Polda Metro Jaya jika ada pengendara yang menerobos jalur. Operator bisa langsung menghubungi petugas di lokasi untuk melakukan penindakan.

"Ini akan membantu mensterilkan jalur Transjakarta. Dengan gini kita juga berharap juga pengalihan kendaraan pribadi ke kendaraan umum," tandasnya. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA