Begini Kesiapan Pengamanan Nataru di Jalur Jabar

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Senin 09 Desember 2019
share
Kakorlantas Polri Irjen Istiono - (Foto: Inilahcom/MY Agam)

INILAHCOM, Jawa Barat - Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengecek jalur di Jawa Barat untuk memastikan pengamanan lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru. Melihat pemaparan Polda Jabar, Istiono menyebut persiapan pengamanan lalu lintas di Jabar siap.

"Hari ini survei langsung dan kesiapan wilayah ya. Kita berada di KM 102 di rest area. Kita mendengar presentase dari Polda Jabar, Jasa marga dan LMS. Jdi kelihatan bahwa kesiapan dirlantas polda jabar dengan bagus baik jajaran polresnya semua mempresentasekan. Kita lihat hari ini baik di jalur arteri maupun jalur wisata kesiapan sudah bagus. Saya optimis dengan kesiapan jajaran wilayah ini begitu baik," kata Irjen Istiono, Senin (9/12/2019).

Istiono mengatakan sejumlah kendala telah dipersiapkan antisipasinya. Salah satunya kerawanan lalu lintas di KM 86 sampaic KM 102.

Istiono menghimbau pengemudi untuk beristirahat di Area KM tersebut, mengingat data lalu lintas yang ia dapatkan banyak pengemudi kelelahan hingga menyebabkan kecelakaan.

"Kita fokuskan pertama kerawanan kecelakaan lalu lintas di KM 86 - KM 130. Ada satu langkah pencegahan di KM 130, yaitu ada rest area kita wajibkan istirahat disana. Kita tak ada alat pantau orang mengemudikan itu berapa jam tapi kita lihat titik jenuh di KM 86 - KM 130. Melihat itu kita proaktif mengingatkan mereka untuk istirahat. Agar kalau merenggangkan dan kalau ngantuk ya tidur. Nanti akan kita paksa dikit. Krena data kita setahun ini ada faktanya 22 kejadian di Cipali," ucapnya.

Himbauan itu akan diterapkan denvan cara menempatkan anggota-anggota di titik-titik tersebut. Nantinya ada anggota yang menghimbau untuk pengemudi agar beristirahat lewat pengeras suara

"Nanti ada warning di mobil double kabin kita. Ada running text dan pengeras suara kita ingatkan ini lah jalan rawan bapak ibu perlu istirahat. Kira-kira setengah hingga satu kilometer dari rest area sudah kita taruh himbauan itu agar istirahat," ucapnya.

Titik rawan itu menurut Istiono ketika pengemudi memasuki area tersebut pada pukul 04.00 - 07.00 Wib. Polda jabar akan menyiapkan polwan-polwan di KM sebelum rest area tersebut.

"Polda Jabar menyiapkan polwan-polwan. Titik rawan itu waktunya pagi dari jam 4-7," jelasnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA