Mumtaz Rais untuk Pilkada Sleman

Antara Politik Dinasti dan Keretakan Keluarga?

IN
Oleh inilahcom
Rabu 11 Desember 2019
share
(Foto: Inilahcom/Dok)

INILAHCOM, Jakarta - Di tengah-tengah suasana dinamis Rakernas Partai Amanat Nasional (PAN) yang digelar sejak Sabtu 7 Desember pekan lalu, beredarlah surat keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) nomor 52/PILKADA/XI/2019 yang ditandatangani oleh Tim Pilkada Pusat DPP PAN.

Surat itu menetapkan bahwa Ahmad Mumtaz Rais Wiryosudarmo secara legal-formal diamanati oleh PAN sebagai calon kepala daerah Kabupaten Sleman dalam kontestasi pilkada 2020.

Pencalonan putra ketiga dari Amien Rais ini seakan melengkapi reputasi putra-putri Amien Rais lainnya yang saat ini menjabat sebagai anggota legislatif, dimana Mumtaz Rais sendiri pernah tercatat sebagai Anggota DPR Senayan di usianya yang sangat belia yakni 25 tahun (periode 2009-2014).

Di samping itu, Mumtaz adalah juga menantu sulung Zulkifli Hasan, Ketua Umum DPP PAN. Apakah ini berarti sebuah gejala politik dinasti? Bagaimana tanggapan Mumtaz terhadap issue keretakan keluarga dalam tubuh partai berlambang matahari tersebut?

"Keluarga Amien Rais dan Zulhas itu sangat demokratis. Semua hal penting didiskusikan secara terbuka. Keputusan mengabdi di bidang politik murni cita-cita sedari kecil untuk bisa bermanfaat bagi kota kelahiran saya ini, secara saya satu-satunya calon muda yang aseli Sleman. Majunya saya ini tanpa arahan atau instruksi dari pihak manapun. Dari Sleman, Oleh Sleman dan Untuk Sleman" imbuhnya.

"Selain itu, pilkada adalah kontestasi antar kandidat dimana masyarakat Sleman menjadi stakeholders pengambil keputusan, sehingga pemimpin yang terpilih nantinya akan terpilih dengan proses demokratis," tambahnya.

Menanggapi isu keretakan hubungan keluarga menjelang perbedaan dukungan dalam Kongres V PAN Maret 2020 mendatang, Mumtaz menanggapi santai. "Ini adalah proses yang lumrah terjadi, InsyaAllah seperti sebelum-sebelumnya, Kongres V PAN pasti akan diselesaikan dengan baik, yang jelas saya dan istri mendukung 1.000% apapun hasil yang terbaik nantinya!" demikian jawaban lugas dari Mumtaz lewat sambungan telepon.

Mumtaz telah menikah dengan Futri Zulya Savitri putri sulung Zulhas pada 8 Oktober 2011. Saat ini mereka telah dikaruniai dua orang anak, putri dan putra yang diberi nama Illiyyuna Rais dan Zahavi Rais.

Dilansir dari laman Instagram, Futri telah cukup lama dikenal sebagai seorang entrepreneur milenial yang mengembangkan beberapa perusahaan, mulai dari peralatan rumah tangga hingga klinik kecantikan yang kini telah berkembang di sejumlah kota. [rok]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA