Pemimpin Kongres AS Perdebatkan Pasca Pemakzulan

IN
Oleh inilahcom
Jumat 20 Desember 2019
share
Ketua DPR AS Nancy Pelosi - (voanews)

INILAHCOM, Washington DC--Pemimpin Kongres berbicara tentang langkah selanjutnya di Senat AS, setelah DPR melakukan voting untuk memakzulkan Presiden Donald Trump. Konstitusi AS menentukan bahwa Senat harus melaksakan persidangan, namun ada perbedaan antara pemimpin Demokrat dan Republik di Kongres terkait pelaksanaan sidang ini.

DPR yang dikuasai Partai Demokrat menyepakati dua pasal pemakzulan terhadap Presiden Trump yaitu penyalahgunaan kewenangan kepresidenan untuk keuntungan politik pribadinya, serta menghalang-halangi upaya Kongres dalam penyelidikan pemakzulan. Tidak ada anggota Partai Republik yang menyetujui kedua pasal itu.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan tidak akan mengirimkan pasal-pasal pemakzulan itu ke Senat AS, karena dia ingin melihat terlebih dahulu seperti apa persidangan yang akan dilakukan di Senat.

Ketua Mayoritas Senat Mitch McConnell berbicara di Senat dan mengutuk Partai Demokrat, menyebut Pelosi takut untuk mengirimkan apa yang disebutnya "pekerjaan buruk mereka." Dia mengatakan sekarang tergantung senat untuk membereskan hal itu dengan membebaskan Trump.

Sementara Ketua Minoritas Senat Chuck Schumer membantah komentar McConnell itu, dan mengutip McConnell mengatakan, tidak punya keinginan untuk bersikap imparsial dalam persidangan Senat. [voa/lat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA