Macet Arus Mudik Tanggung Jawab Bersama

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 21 Desember 2019
share
Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kemacetan masih menjadi pekerjaan rumah bersama, baik polisi, pengguna lalu lintas hingga pemangku jabatan terkait. Seperti pada mudik Natal dan Tahun Baru yang juga diwarnai perlambatan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana menilai kemacetan tersebut menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pihak kepolisian lalu lintas.

"Kemacetan merupakan perlambatan dari berbagai faktor seperti faktor jalan, faktor kendaraan, faktor kecepatan dan faktor alam," kata Chryshnanda, di Jakarta.

Chryshnanda mengatakan, pihak kepolisian lalu lintas akan melakukan prosedur untuk kelancaran dan keamanan pengguna lalu lintas.

"Ketika kapasitas tidak memungkinkan lagi maka barulah dibuat prioritas seperti pengalihan arus, buka tutup, contra flow, ganjil genap hingga one way," tuturnya.

Chryshnanda menuturkan memanajemen lalu lintas agar aman selamat tertib dan lancar setidaknya ada manajemen kebutuhan, manajemen kapasitas, manajemen prioritas, manajemen kecepatan sampai manajemen emergensi.

"Lalu lintas yan aman, selamat, tertib dan lancar merupakan tanggung jawab bersama antar stake holder oleh sebab itu dalam mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar sinergitas antar stake holder tidak sebatas aktual tetapi juga secara virtual melalui IT for Road Safety sehingga ada pelayanan prima yang cepat tepat akurat transparan akuntabel informatif dan mudah diakses," katanya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA