Inilah Alasan Rating Utang WSBP Turun Peringkat

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Senin 23 Desember 2019
share
PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) meraih peringkat BBB-(idn) dari BBB+(idn) untuk utang atau sukuk dari PT Fitch Rating Indonesia.

Penurunan tersebut seiring pemeringkatan serupa terhadap induk usaha perseroan yaitu PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Senin (23/12/2019).

Bagi WSKT, Fitch Rating menurunkan profil kredit standalone (SCP) ke BBB-(idn) dari BBB+(idn) karena leverage yang tinggi.

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) didirikan tanggal 07 Oktober 2014.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Waskita Beton Precast Tbk, yaitu: Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) (59,99%). Saham publik sebesar 40%.

Kegiatan usaha WSBP adalah bidang industri pabrikasi, industri konstruksi, jasa, pekerjaan terintegrasi (Engineering, Procurement and Contruction / EPC), perdagangan, agro industri, jasa penyewaan, transportasi, investasi, pengelolaan kawasan, jasa keagenan, pembangunan, layanan jasa peningkatan kemampuan di bidang konstruksi, teknologi informasi serta kepariwisataan.

Kegiatan usaha utama Waskita Beton Precast adalah produksi beton precast dan ready mix dengan mengoperasikan 8 pabrik precast, 20 pabrik ready mix/ batching plant dan 2 stone crusher.

Pada tanggal 08 September 2016, WSBP memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham WSBP (IPO) kepada masyarakat sebanyak 10.544.463.000 saham dengan nilai nominal Rp100 per saham dengan harga penawaran Rp490 per saham.

Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 20 September 2016.

Saham WSBP saat ini di Rp306 per saham dari pembukaan di Rp310 per saham.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA