PLN Aliri Setrum Ratusan Rumah di Flores Timur

IH
Oleh Indra Hendriana
Rabu 25 Desember 2019
share
 

INILAHCOM, Larantuka - PLN Unit Layanan Pelanggan Larantuka kembali memberikan sambungan Listrik Gratis sebagai kado natal bagi 153 Kepala Keluarga (KK) di Larantuka yang berasal dari program One Man One Hope (OMOH).

Penyerahan dan penyalaan bantuan listrik gratis dilakukan bersama Bupati Flores Timur di Desa Kobasoma, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur, Senin (23/12/2019).

Dana program OMOH merupakan hasil donasi pegawai PLN untuk memberikan harapan kepada warga yang masuk dalam kategori bisa dibantu biaya penyambungan listrik dengan daya 450 VA.

Donasi yang terkumpul dalam rekening OMOH PLN Wilayah NTT hingga Desember 2019 sebesar Rp 114.750.000.- dana yang terkumpul tersebut menjelang perayaan natal tahun 2019 disalurkan untuk pemasangan listrik gratis bagi 153 KK bagi warga yang tidak mampu, tersebar di Kabupaten Flores Timur, Kota Larantuka khususnya.

Manager PLN ULP Larantuka, Anak Agung Ngurah Maha Adisurya menyampaikan bahwa program CSR dan One Man One Hope PLN untuk listrik gratis bagi masyarakat Larantuka tahun 2019 hingga Desember ini telah mencapai 364 KK, yang tersebar di beberapa kecamatan yaitu, Kecamatan Wulanggitang, Titehena, Tanjung Bunga dan Ile Bura.

Kebahagian pun dirasakan oleh salah satu penerima bantuan, Petrus Koli Wato, warga Desa Kobasoma Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur. Dirinya sangat bahagia dan senang mendapat bantuan listrik gratis dari PLN.

"Terima kasih kepada PLN, karena kami telah mendapatkan bantuan listrik gratis pada tahun ini. Kami juga bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena pada tahun kemarin kami menggunakan lampu pelita, dan pada tahun ini, kami sudah bisa terang menggunakan lampu listrik," ungkap Petrus.

Program PLN Peduli Sambung Listrik Gratis merupakan salah satu upaya PLN mendorong kehidupan yang lebih layak karena warga sudah bisa menikmati listrik dan mendukung percepatan rasio elektrifikasi. Pada tahap pertama, PLN mengucurkan dana CSR untuk membantu pemasangan Listrik Gratis bagi 211 KK tidak mampu tersebar di kabupaten Flores Timur sebesar Rp 105.500.000,-.

Pada tahap 2 dan 3 bantuan diberikan dari program One Man One Hope dimana tahap 2 bantuan diberikan untuk 53 KK tidak mampu sebesar Rp. 39.750.000,- dan tahap 3 untuk 100 KK tidak mampu sebesar Rp 75.000.000,-.

PLN terus berkomitmen meningkatkan rasio elektrifikasi. Selain penyambungan listrik gratis melalui program CSR dan One Man One Hope, PLN juga gencar melakukan sosialisasi mendorong masyarakat yang belum berlistrik untuk menjadi pelanggan PLN, dengan mendatangi desa-desa yang baru teraliri listrik oleh jaringan listrik desa.

Tidak hanya itu PLN juga memberi diskon biaya penyambungan 50% di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar) serta sinergi dengan pemerintah untuk melakukan pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi. Hadir dalam acara yang mendampingi Bupati antara lain, Humas Setda Kabupaten Flores Timur, Camat Titehena, Kapolsek Titehena dan perwakilan Koramil Lewolaga. [ipe]





# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA