Menghitung Hari, Tol Manado-Bitung Beroperasi

IN
Oleh inilahcom
Kamis 26 Desember 2019
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Manado - Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara (Sulut) akan dioperasikan pada Januari 2020, sebut Gubernur Olly Dondokambey di Manado, Rabu (25/12/2019).

"Saya sudah meninjau dari gerbang tol Manado hingga gerbang tol Kauditan, tinggal beberapa persen sudah penyelesaian," ujar Olly yang juga politisi senior PDI Perjuangan itu.

Saat ini, sebut mantan pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR itu, jalan tol Manado-Bitung masih dibuka fungsional bersamaan dengan hari raya natal dan tahun baru hingga tanggal 3 Januari 2020 mendatang. "Saat ini masih uji coba, ke depan mudah-mudahan bisa dioperasionalkan," katanya.

Apabila rencana operasional tersebut terealisasi, maka belum bisa dioperasionalkan secara keseluruhan karena panjang bentangan tol belum selesai dibangun. Bila jadi dioperasionalkan, lanjut dia, direncanakan jalur yang akan digunakan masuk dari gerbang tol Manado dan keluar di gerbang tol Kauditan atau sebaliknya.

Gerbang tol Kauditan ini masih terus dipacu pengerjaannya sehingga bisa diselesaikan dalam waktu dekat. "Mudah-mudahan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ketika akan dibuka operasionalkan," ujar Olly.

Saat ini, BPJN XV Manado dan PT Jasamarga Manado Bitung sementara dibuka fungsional tol Manado Bitung kira-kira sepanjang 25 kilometer dari panjang bentangan 39,9 kilometer. Belum tersambungnya bentangan fisik tol terpanjang di Sulawesi itu karena masih ada beberapa bagian di seksi IIB yang belum selesai dibebaskan. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA