PT XL Axiata Jual Bisnis Data Center Rp90,8 Miliar

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Kamis 02 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) melakukan penjualan 1.922.137 saham di PT Princeton Digital Group Data Centres (PDGDC) kepada PT Princeton Digital Group (Indonesia Alpha) Pte Ltd senilai Rp90,8 miliar.

Penjualan dilakukan pada 19 Desember 2019. Perseroan akan lebih fokus ke bisnis selular dan teknologi sedangkan pengolahan data center akan ditangani secara profesional. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI.

Selain itu, EXCL juga melakukan penjatahan dan penerbitan 1.401.480 saham untuk PT Princeton Digital Group (Indonesia Alpha) Pte Ltd.

Dengan melakukan penjualan saham dan penjatahan serta penerbitan saham baru, PT Princeton Digital Group (Indonesia Alpha) Pte Ltd menjadi pemilik 70% saham di PDGDC. Sedangkan EXCL hanya 30%.

PT XL Axiata Tbk (dahulu Excelcomindo Pratama Tbk) (EXCL) didirikan tanggal 06 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1996.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham XL Axiata Tbk, adalah Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd. (66,36%), merupakan perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Axiata Investments (Labuan) Limited. Axiata Investments (Labuan) Limited adalah anak usaha Axiata Grup Berhad. Saham publik sebesar 33,6%.

Ruang lingkup kegiatan bisnis EXCL melakukan kegiatan dalam usaha penyelenggaraan jasa telekomunikasi dan/atau jaringan telekomunikasi dan/atau multimedia. Kegiatan usaha utama XL Axiata adalah menyediakan layanan data dan teleponi seluler dengan teknologi GSM 900/DCS 1800 dan IMT-2000/3G di Indonesia.

Selain itu, XL Axiata juga memegang Lisensi Jaringan Tertutup Reguler (Leased Line), Lisensi Internet Service Provider (ISP), Lisensi Voice over Internet Protocol (VoIP), dan Lisensi Internet Interkoneksi Layanan (NAP), serta izin e-Money (Uang Elektronik) dari Bank Indonesia, yang akan memungkinkan EXCL untuk menyediakan jasa pengiriman uang kepada pelanggannya.

Pada tanggal 16 September 2005, EXCL memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham EXCL (IPO) kepada masyarakat sebanyak 1.427.500.000 dengan nilai nominal Rp100,- per saham dengan harga penawaran Rp2.000,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 29 September 2005.

Saham EXCL saat ini di harga Rp3.150 per saham.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA