Anies Atasi Semua Masalah Banjir Jakarta

IN
Oleh inilahcom
Senin 06 Januari 2020
share
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan optimis situasi di ibukota tetap aman menghadapi musim penghujan.

Hal tersebut diucapkan Anies untuk mengantisipasi cuaca buruk yang kemungkinan terjadi selama musim hujan awal tahun ini.

"Seperti kemarin ketika hujan lebat tanggal 31 Desember (2019) dan 1 Januari (2020), semua rumah pompa itu semua dikerjakan. Alhamdulillah 85 persen kota Jakarta aman," ungkap Anies usai kerja bakti di daerah kelurahan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020)

Mengantisipasi cuaca buruk yang kemungkinan terjadi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan akan lebih siaga lagi menghadapi curah hujan yang tinggi.

"Besok, kami akan lebih siaga lagi. Terutama di tempat-tempat yang memiliki risiko ekstra," pungkasnya.

Terkait proses perbaikan pasca banjir, Anies menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk ikut terjun membantu warga yang wilayahnya terdampak banjir.

"Ini bagian dari usaha kita untuk mempercepat rehabilitasi pascabanjir kemarin. Nanti kita akan terus membantu warga di dalam proses pembersihan," katanya menambahkan.

Pada fase ini, Anies mengatakan yang paling penting dari pembersihan pasca banjir adalah mengangkat semua puing-puing.

Termasuk juga membersihkan perabotan rumah tangga warga supaya bebas dari bakteri dan bau tidak sedap.

"Lalu nanti kita siapkan karbol lewat disinfektan sehingga warga bisa mengambil secara cuma-cuma. Yang bisa dipakai untuk membersihkan seluruh rumahnya dan lingkungannya," pungkas Anies.

Anies pun mengapresiasi seluruh pihak yang membantu kerja bakti tersebut, termasuk pihak TNI-Polri. Kerja bakti ini, sambungnya, hal ini dilakukan Pemprov DKI untuk meringankan beban korban banjir di kelurahan Makasar.

"Dari sini keluar saja panjangnya 300 meter. Itu seperti pagar betis. Memindahkan sampah dari tangan ke tangan sampai ke ujung," tutupnya.


Selain itu, Anies juga optimis fasilitas belajar mengajar di sekolah-sekolah yang terdampak banjir, akan beroperasi normal Senin (6/1/2020).

"Jadi, dari 2.800 sekolah yang kemarin terdampak 211 terdampak. Yang sudah surut airnya dan sudah proses pembersihan, itu 208 sekolah per tadi malam. Saya yakin hari ini pasti semuanya sudah tuntas," kata Anies..

Anies menjelaskan jumlah siswa yang terdampak banjir Ada 22.500 siswa. Semua siswa yang rumah dan keluarganya terdampak banjir itu, akan di bantu oleh Pemprov DKI dengan disiapkan mulai dari pakaian dan juga alat tulis.

"Untuk sekolah-sekolah Insyaallah hari ini pun dibersihkan semua. Jadi, 211 sekolah terdampak itu insyaallah sudah bersih. Hari Senin bisa digunakan," tukasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA