Ingin UMKM Tumbuh Pesat, Poknas Agendakan Ini

IN
Oleh inilahcom
Senin 06 Januari 2020
share
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Tangerang - Demi mendorong bertumbuhnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Perserikatan Organisasi Pemuda Nasional (Poknas) bakal menggelar Expo UMKM, IKM dan Craft 2020.

Kata Presiden Poknas M Aris Mandji, peran usaha kecil atau UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, tidak bisa dinafikan. Untuk itu, seluruh elemen bangsa harus bersatu padu memajukan sektor ini. Apalagi, bisnis level UMKM kebal terhadap hantaman krisis. "Kita harus dorong majunya UMKM, IKM dan seluruh usaha kecil di tanah air," cetus Bang AM, sapaan akrab Aris Mandji kepada wartawan di tangerang, Minggu (5/1/2020).

Selanjutnya, lanjut Aris, Poknas menjalin kerja sama kemitraan dengan Gematara dan seluruh stake holder UMKM. Kalau tak ada aral, Espo UMKM, IKM dan Craft tingkat Nasional digelar pada Amret 2020. "Rencananya Expo UMKM ini digelar di Tangerang Selatan," ungkap Aris.

"Kami ingin membantu Bapak Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian) dalam memperkuat perekonomian nasional. di tengah situasi perekonomian dunia yang banyak tantangan. Tentu saja terkait dengan program Presiden Joko Widodo, yakni membesarkan UMKM, mendorong investasi, mengurangi kemiskinan, membuka lapangan kerja seluas-luasnya," kata politisi Golkar ini.

Ketua Poknas DPD I Banten, Rahmat Hidayat mengatakan, Expo UMKM, IKM dan Craft 2020 memasang target 1001 peserta. "Target kami bisa menjaring 1001 peserta dari pelaku UMKM ,IKM dan Craft Nasional. Hal ini sesuai dengan arahan Asda I Kota Tangerang Selatan," ungkapnya.

Kata dia, Expo UMKM, IKM dan Craft Nasional berharap adanya dukungan dari kementerian terkait. Semisal, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri, serta Perum Bulog.

Organisasi Kepemudaan yang tergabung didalam poknas akan terlibat guna memotivasi para pengusaha demi menguatkan ekonomi bangsa dengan harapan menjadi ajang temu ilmiah bagi seluruh stakeholders, seperti peneliti, akademisi dan industri, serta praktisi untuk saling berbagi ilmu dan Pengalaman yang sudah pasti munculnya karya kratif dan inovatif usaha umkm, ikm dan craft nasional.

Informasi saja, Presiden Poknas Aris Mandji didampingi Ketua Poknas DPD I Banten Rahmat Hidayat, telah bertemu Wakil Ketua Umum Gemantara Abdul Rokhim pada 25 Desember 2019 di Tangerang Selatan. Mereka sepakat untuk menyusun persiapan audensi terkait rencana Expo UMKM, IKM, Craft Nasional. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA