Anak Usaha PT United Tractors Perkuat Modal US$9 M

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Senin 06 Januari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) menjelaskan, PT Tuah Turangga Agung (TTA) yang merupakan anak usahanya memberikan pinjaman kepada PT Aegis Energy Trading Pte Ltd (Aegis) sebesar US$9 miliar.

PT Aegis merupakan anak usaha PT TTA dengan kepemilikan 50%. Pinjaman tersebut untuk modal kerja bagi PT Aegis. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Selasa (31/12/2019).

Tingkat bunga kredit tersebut sesuai LIBOR+2% per tahun. Periode ketersediaan dana pinjaman tersebut sampai dengan 31 Desember 2020.

PT United Tractors Tbk (UNTR) didirikan di Indonesia pada tanggal 13 Oktober 1972 dengan nama PT Inter Astra Motor Works dan memulai kegiatan operasinya pada tahun 1973.

Induk usaha dari United Tractors Tbk adalah Astra International Tbk / ASII (59,50%), sedangkan induk utama dari United Tractors Tbk adalah Jardine Matheson Holdings Ltd, yang didirikan di Bermuda. Saham publik sebesar 40,3%.

Kegiatan usaha UNTR dan entitas anak meliputi penjualan dan penyewaan alat berat (mesin konstruksi) beserta pelayanan purna jual; penambangan batubara dan kontraktor penambangan; engineering, perencanaan, perakitan dan pembuatan komponen mesin, alat, peralatan dan alat berat; pembuatan kapal serta jasa perbaikannya; dan penyewaan kapal dan angkutan pelayaran; dan industri kontraktor.

Produk-produk alat berat (mesin konstruksi) yang ditawarkan oleh United Tractors berasal dari merek-merek, yaitu Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag dan Tadano.

United Tractors memiliki anak usaha yang dimiliki secara tidak langsung melalui PT Karya Supra Perkasa yang juga tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu Acset Indonusa Tbk (ACST).

Pada tahun 1989, UNTR melalui Penawaran Umum Perdana Saham menawarkan 2.700.000 lembar sahamnya kepada masyarakat dengan nilai nominal Rp1.000 per saham, dengan harga penawaran sebesar Rp7.250 per saham.

Saat ini saham UNTR di harga Rp21.200 per saham.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA