Kendaraan Buatan Indonesia Dilirik Nigeria

IH
Oleh Indra Hendriana
Senin 06 Januari 2020
share
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu July Ardika - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu July Ardika mengatakan mobil buatan Indonesia atau dikenal Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dilirik oleh negara luar seperti Nigeria. Bahkan perusahaan ternama Dangote Group berencana memboyong 10.000 unit AMMDes.

Dia mengatakan untuk tahap awal pihaknya akan mengirim tiga jenis kendaraan AMMDes. Secara bertahap hingga lima tahun ke depan bisa mencapai 10.000 unit kendaraan.

"Kalau nilai sih belum bisa diiberikan karena ini masih dalam ranahnya bisnis ya. Masih negosiasi," jelas Putu di Kantornya, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Ia mengungkapkan, salah satu yang memikat perusahaan asal Nigeria untuk membeli AMMDes lantaran kendaraan ini bisa digunakan di jalur ekstrim. Tak hanya itu, daya tahan untuk menampung logistik juga cukup teruji.

"Dia sangat tertarik itu karena AMMDes itu bisa off-road. Jadi bisa di off-road bisa digunakan di daerah daerah yang memang infrastrukturnya itu minim dan jalan jalannya ekstrim dia bisa. Jadi dia bisa untuk membawa logistik dan juga hasil-hasil daerah itu bisa dibawa ke desa maupun kota yang terdekat," Kata dia.

Kemudian, kendaraan ini dinilai akan memudahkan membantu mengangkut hasil bumi di negara tersebut. Sehingga kendaraan desa ini dinilai sangat tepat untuk kebutuhan di Nigeria.

"Nah ini perlu alat yang seperti itu yang bisa dia mobile untuk melayani masyarakat yang agak luas. Nah ini kenapa dia sangat tertarik," kata dia.[jat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA