Penggunaan Kantong Plastik di Jakarta Dibatasi

WN
Oleh Willi Nafie
Selasa 07 Januari 2020
share
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Andono Warih - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Peraturan Gubernur (Pergub) tentang larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai, dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Beleidnya adalah Pergub Nomor 142 tahun 2019 soal Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan. Dalam pasal 5 Pergub Nomor 142 Tahun 2019, larangannya berlaku di tempat perbelanjaan. Di antaranya Toko, Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Andono Warih mengatakan Kebijakan itu bakal mulai diterapkan enam bulan sejak diundangkan pada 31 Desember 2019. "Kalau baca pergubnya itu, enam bulan sejak diundangkan, diundangkanya kan 31 desember 2019, enam bulan itu waktunya sosialisasi, per 1 Juli efektif berlaku," kata Andono, Selasa (7/1/2020).

Apabila tak diindahkan maka bakal dikenakan sanksi. Mulai dari sanksi bentuknya administratif, teguran tertulis, uang paksa, sampai hal itu enggak diindahkan juga ada pembekuan izin sampai pencabutan izin, sanksinya tercantum dalam pergub itu.

"Sebenarnya ada substitusinya, yang dilarang ini kan kantong belanja plastik itu yang dibatasi dan dilarang. Alternatif-nya pakai kantong belanja ramah lingkungan. Itu bisa guna ulang, bahanya macam macam, daun kering, kertas, tapi bisa pakai ulang intinya, Kita bawa kantong sendiri, jangan sekali belanja dapat kantong," tutupnya. [ipe]




# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA