Banyuwangi Siapkan Rp5 M untuk Darurat Bencana

IN
Oleh inilahcom
Jumat 10 Januari 2020
share
(beritajatim)

INILAHCOM, Banyuwangi - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi, Mujiono mengaku menyiapkan dana taktis sebesar Rp 5 miliar untuk tanggap bencana di wilayahnya. Dana itu hanya bisa saat terjadi kondisi darurat bencana.

"Kita siapkan Rp 5 miliar untuk tanggap darurat. Cairnya gampang melalui BPBD Banyuwangi mengajukan ke BPKAD dengan catatan ada analisa harga satuan, logistik dan sebagainya," kata Mujiono, Jumat (10/1/2020).

Syaratnya, kata Mujiono, ada kategori bencana dan dampaknya bahwasanya ada daerah yang ditetapkan darurat. "Itu digunakan untuk selama setahun, jika tidak ada bencana dikembalikan ke Pemda sebagai Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa)," katanya.

Terkait penanganan, lanjut Mujiono, jika saat bencana terdapat korban maka itu masuk penanganan pasca bencana. "Saat pasca bencana, tugas pokoknya berbeda, jika ada korban ditangani oleh petugas kesehatan, lalu terkait penanganan kebutuhan makanan itu ada Dinas Sosial," pungkasnya.

Secara khusus, Banyuwangi telah menyiapkan personel gabungan untuk kesiapsiagaan bencana di daerah. "Kordinasi khusus ke semua pihak dari TNI-Polri, Basarnas, BPBD, PMI dan unsur lainnya sudah siap dalam menghadapi siaga bencana di daerah," jelas Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. [beritajatim]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA