Polda Metro Bentuk Satgas Khusus Antisipasi Banjir

HK
Oleh Happy Karundeng
Jumat 10 Januari 2020
share
Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana mengatakan pihkanya akan membentuk satuan tugas (satgas) khusus guna membantu sekaligus mengantisipasi banjir di Ibu Kota berkaca bencana banjir 1 Januari 2020 lalu. Satgas khusus tersebut akan diisi personel TNI-Polri dan berbagai instansi terkait.

"Pembentukan satgas terpadu terdiri dari BPBD, Polri, TNI dan instansi terkait. Kita memang dari awal sudah menyiapkan untuk membentuk tim memberikan pertolongan ataupun evakuasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Ia mengaku Satgas memang disiapkan untuk antisipasi cuaca ekstrem dan banjir di Jakarta. Ia menegaskan masyarakat tak perlu khawatir soal keamanan barang berharga mereka pada saat banjir jika ditinggal mengungsi. Sebab, Satgas ini akan berpatroli di lokasi banjir. Satgas juga akan membuat posko kesehatan nantinya.

"Kami akan melakukan patroli yang selama ini banyak masyarakat mengungsi dari kediamannya. Sampai ke tingkat bawah sudah disampaikan ke Polsek untuk mengamankan, patroli rumah-rumah yang ditinggal masyarakat," katanya.

Selain membentuk Satgas khusus, pada hari ini jajaran Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menanam seribu pohon dan melepas 2 ribu ikan di kawasan Hutan Kota, Kemayoran, Jakarta Utara. Hal ini juga bertujuan guna mengantisipasi banjir dan pemanasan global di Jakarta.

Setelah menanam pohon dan menebar bibit ikan, Polda Metro Jaya mendapat Rekor Muri Indonesia. Rekor muri itu dilakukan karena kegiatan penanaman pohon dalam jumlah banyak di lokasi tersebut.

"Kita tahu di Jakarta ini kita disibukan setiap tahun banjir yang belum mampu kita kendalikan, belum mampu kita kelola. Tapi kita yakin kita berupaya maksimal," tandasnya. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA