Bursa Saham Eropa Mulai Bergerak Positif

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Senin 13 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa dibuka bervariasi pada hari Senin (13/1/2020) ketika AS dan China bersiap untuk menandatangani apa yang disebut kesepakatan perdagangan "fase satu" pada hari Rabu, sementara protes berlanjut di Iran atas jatuhnya sebuah pesawat komersial Ukraina.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 melayang di sekitar garis datar di awal kesepakatan, dengan saham teknologi menambahkan 0,3%. Indeks FTSE naik 0,5%, indeks DAX naik 0,1% dan indeks CAC naik 0,3%. Sementara sumber daya dasar turun 0,4% seperti mengutip cnbc.com.

Perwakilan dari Washington dan Beijing diperkirakan akan menandatangani tahap pertama dari perjanjian perdagangan yang telah lama ditunggu pada hari Rabu, dan Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin bersikeras pada hari Minggu bahwa komitmen China tidak berubah selama proses penerjemahan yang panjang. Mnuchin juga mengkonfirmasi bahwa rinciannya akan dipublikasikan pelam ini.

Saham Asia sebagian besar menguat pada hari Senin karena investor melihat ke depan untuk menandatangani kesepakatan, dengan indeks Asia-Pasifik MSCI terluas di luar Jepang naik 0,49% seperti mengutip cnbc.com.

Ketegangan di Timur Tengah terus berlanjut ketika protes anti-pemerintah menyebar ke seluruh Iran, setelah rezim Iran mengakui bahwa angkatan bersenjatanya secara tidak sengaja menembak jatuh sebuah pesawat penumpang Ukraina di Teheran, menewaskan 176 orang. Presiden AS, Donald Trump mentweet dukungannya untuk para pengunjuk rasa pada hari Minggu (12/1/2020).

Kembali di Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan melakukan perjalanan ke Irlandia Utara pada hari Senin untuk bertemu dengan para pemimpin eksekutif negara yang baru dibentuk dan timpalannya dari Irlandia, Leo Varadkar.

Data ekonomi Inggris akan dirilis pada pukul 9:30 pagi waktu London, termasuk angka manufaktur dan konstruksi, neraca perdagangan, dan pembacaan PDB untuk November.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA