China Yakin PDB Tahun 2019 Bisa Tumbuh Capai 6%

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Kamis 16 Januari 2020
share
Wakil Perdana Menteri China, Liu He - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Wakil Perdana Menteri China, Liu He mengatakan pada hari Kamis (16/1/2020) bahwa PDB 2019 Tiongkok diperkirakan tumbuh lebih dari 6%.

Liu menambahkan bahwa data untuk bulan ini menunjukkan prospek ekonomi yang lebih baik dari perkiraan, lapor Xinhua. Namun tidak segera jelas data yang dimaksud Liu.

Komentar itu muncul sehari setelah Presiden Donald Trump menandatangani perjanjian perdagangan "fase satu" dengan Liu, menandai gencatan senjata sementara dalam perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia.

Selama upacara penandatanganan, Liu menyampaikan pesan dari Presiden Tiongkok, Xi Jinping, yang mengatakan perjanjian itu "baik untuk China, untuk AS dan untuk seluruh dunia," menurut sebuah terjemahan seperti mengutip cnbc.com.

Dalam sambutannya sendiri, Liu mengatakan ekonomi Tiongkok "beralih dari pertumbuhan berkecepatan tinggi ke pembangunan berkualitas tinggi."

Dia juga mengatakan "China akan terus meningkatkan lingkungan hukum" dan "menyambut investor dari seluruh dunia," karena negara terus membuka diri.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA