YouTuber Ternama Belanda Mengaku Transgender

IN
Oleh inilahcom
Jumat 17 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Amsterdam - Nikkie de Jager, seorang YouTuber tersohor dengan jutaan penggemar, mengaku bahwa dirinya adalah seorang transgender. Pernyataan itu ia ungkapkan melalui sebuah video emosional berjudul 'I'm coming out'.

'Coming out' adalah istilah yang biasa digunakan oleh kelompok LGBT ketika mereka mengungkapkan orientasi seksual yang selama ini dirahasiakan.

Di dalam video tersebut, YouTuber berusia 25 tahun yang berasal dari Belanda itu menjelaskan bahwa pengakuannya itu dipaksakan oleh seseorang yang berusaha 'memeras' dan mengungkapkan jati dirinya kepada publik.

Dikenal lewat kanal NikkieTutorials, ia adalah salah satu nama paling berpengaruh di komunitas kecantikan di YouTube.

Ia telah berbagi tutorial dan ulasan rias selama 11 tahun dan memiliki hampir 13 juta pengikut. Kesuksesannya juga telah menuntunnya untuk berkolaborasi dengan beberapa selebritas termasuk Lady Gaga, dan tahun lalu ia diangkat sebagai konsultan untuk produk kecantikan Marc Jacobs.

Dalam video berdurasi 17 menit itu, de Jager mengawali dengan mengatakan bahwa ia selalu ingin membagikan kisahnya atas kemauannya sendiri, tetapi setelah kesempatan itu 'diambil', ia ingin merebut kembali 'kekuatannya' sendiri.

"Saya tidak percaya hari ini saya mengatakan ini kepada kalian semua untuk disaksikan seluruh dunia. Tapi rasanya senang akhirnya bisa melakukannya. Sudah waktunya untuk lepas dan jadi benar-benar bebas," katanya dalam pengantar.

"Waktu saya masih muda, saya dilahirkan di tubuh yang salah, yang berarti bahwa saya adalah transgender sekarang."

Dalam video, de Jager mengungkapkan bahwa ia terlahir sebagai laki-laki tetapi selalu merasa dirinya sebagai perempuan.

Ia mengatakan bahwa pada usia enam tahun --dengan dukungan orang tuanya-- ia mulai memanjangkan rambutnya dan pada usia tujuh atau delapan tahun hanya mengenakan pakaian perempuan.

Ia kemudian menjelaskan bawa dirinya mulai menjalani terapi hormon pada usia 14 tahun dan mengalami 'transisi sepenuhnya' pada 19 tahun.

"Ya Tuhan, ini sangat membebaskan. Kalian tidak tahu bahwa selama 11 tahun saya aktif di channel saya, saya telah menyimpan (rahasia) ini, dan saya selalu ingin berbagi ini dengan Anda," ungkapnya kepada para penggemarnya.

"Tapi saya tidak percaya bahwa setelah hari ini, dunia akan tahu. Tapi ada satu hal yang ingin benar-benar aku jelaskan pada kalian semua. Saya adalah saya. Saya masih Nikkie, tidak ada yang berubah tentang itu."

Pada satu titik ia bicara kepada orang-orang yang ia bilang telah mengancamnya dan mengacungkan jari tengah, seraya mengatakan, "Yang ini untuk kalian".

Ia juga menyatakan harapan bahwa videonya bisa membantu dan menginspirasi orang lain.

"Kalau kamu merasa seperti terperangkap dan tidak ada jalan keluar, ketahuilah bahwa itu akan menjadi lebih baik. Percayalah, itu akan menjadi lebih baik," katanya di akhir video.

Video ini disambut dengan respon yang sangat mendukung dari para penggemar, YouTuber lainnya dan anggota komunitas LGBT.

"Saya rasa ia adalah perempuan yang luar biasa, dan saya sangat bangga padanya karena berbagi kisahnya," YouTuber SophDoesLife yang berbasis di Inggris, yang memiliki satu juta pengikut, mengatakan kepada BBC.

"Ia adalah inspirasi bagi banyak orang, dan saya sangat senang ia sekarang bisa menjalani kebenarannya dan merasa bebas. Ia pasti memiliki semua dukungan kami di komunitas kecantikan."

Jinkx Monsoon, waria asal AS dan mantan pemenang Ru Paul's Drag Race, termasuk di antara mereka yang memberi selamat kepada sang guru kecantikan karena 'merebut kembali' ceritanya.

"Tidak seorang pun memiliki hak untuk mengungkapkan rahasia orang lain. Titik. Coming out adalah hal yang sangat pribadi, dan Anda tidak bisa memutuskannya untuk orang lain," tulisnya di Twitter.

"Saya sangat menyayangkan, Nikkie, kamu telah melalui itu, tapi saya salut pada cara kamu menanganinya."

Pujian bagi sang bintang YouTube juga datang dari sejumlah politikus Belanda. Ingrid van Engelshoven, menteri pendidikan, budaya dan sains, menggambarkannya sebagai 'pemberani' dan 'panutan'

"Anda sungguh-sungguh bebas jika Anda bisa menjadi dirimu sendiri. Sosok panutan sangat penting untuk emansipasi," tulisnya dalam bahasa Belanda di sebuah cuitan di Twitter.

Kelompok advokasi GLAAD membuat pernyataan untuk mendukung de Jager.

"Setiap pribadi LGBT layak untuk 'coming out' atas kehendak mereka sendiri. Sayangnya, NikkieTutorials tidak diberi kesempatan ini, namun ia telah menunjukkan keberanian luar biasa dalam berbagi kebenarannya dengan dunia," kata Anthony Ramos, juru bicara kelompok tersebut.

Setelah mengungkapkan kekhawatiran bahwa para pengikutnya mungkin akan mulai melihatnya secara berbeda, pengikut de Jager di YouTube dan Instagram malah bertambah 300.000 dalam 24 jam setelah video dirilis.

Dia menanggapi masuknya dukungan dengan serangkaian unggahan Instagram stories yang emosional beberapa saat kemudian.

"Apa yang terjadi semalam adalah sesuatu yang tidak pernah berani saya impikan. Rasa cinta, dukungan, dan kehangatan yang luar biasa sangat berarti bagi saya," katanya seraya menangis haru. [BBC]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA