Dari Mana Bezos Dapat Ide Bangun Amazon.com?

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Minggu 19 Januari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Pada tahun 1994, Jeff Bezos bekerja di hedge fund DE Shaw, bertugas meneliti peluang bisnis potensial yang melibatkan lanskap internet yang baru. Saat itulah Bezos menemukan statistik mengejutkan yang memicu ide untuk memulai bisnisnya sendiri.

"Saya menemukan fakta ini di situs web bahwa web tumbuh pada 2.300 persen per tahun," kata Bezos kepada CNBC dalam wawancara tahun 2001. "Gagasan yang membuatku terpesona adalah ide membangun toko buku online."

Tentu saja, Amazon tumbuh dari penjual buku online menjadi raksasa e-commerce dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$920 miliar.

Tetapi pada usia 30, ketika Bezos memutuskan apa yang harus dilakukan tentang idenya - tetap dengan pekerjaannya di New York City yang stabil atau menyerah untuk memulai bisnisnya sendiri - dia mencoba membayangkan apa yang akan lebih disesalinya, meninggalkan Wall Street, atau tetap tinggal .

"Saya membayangkan diri saya berusia 80 tahun, mengingat kembali kehidupan saya di saat teduh," katanya saat di India, Rabu (15/1/2020) seperti mengutip cnbc.com. "Apakah saya menyesal meninggalkan perusahaan ini di pertengahan tahun? Dan menjauh dari bonus tahunan saya?"

"Semua hal yang pada saat itu bisa sangat membingungkan. Saya berpikir, Anda tahu, ketika saya berusia 80 tahun, saya tidak akan memikirkan hal itu. Aku bahkan tidak akan mengingatnya."

Bezos mengatakan dia "berusaha mencari cara untuk membuat keputusan ini, karena pada saat itu, keputusan kehidupan pribadi, pilihan-pilihan itu, bisa sangat menantang," katanya, Rabu.

"Aku ingin tidak menyesal. Saya tahu pasti, saya punya ide ini, dan jika saya tidak mencoba, saya akan menyesal tidak pernah mencoba," katanya. "Dan aku juga tahu, jika aku mencoba dan gagal, aku tidak akan pernah menyesal telah mencoba dan gagal."

"Begitu aku memikirkannya seperti itu, aku tahu aku harus mencoba."

Pada saat itu merupakan langkah yang berisiko, karena internet tidak dikenal, meskipun tingkat pertumbuhannya cepat.

"Apa pun yang tumbuh secepat itu, bahkan jika penggunaan dasarnya kecil, itu akan menjadi besar. Saya melihat itu, dan saya seperti 'Saya harus datang dengan ide bisnis di internet dan membiarkan internet tumbuh di sekitar ini," katanya dalam episode September 2018" The David Rubenstein Show: Peer-to-Peer Percakapan."

"Saya memilih buku karena buku sangat tidak biasa dalam satu hal, yaitu ada lebih banyak item buku dalam kategori buku daripada ada item dalam kategori lain," katanya menambahkan.

Bezos melakukan lompatan fenomenal, berhenti dari pekerjaannya, dan pindah ke pinggiran kota Seattle, tempat ia mulai bekerja di Amazon di garasinya.

Keputusannya terbayar, Amazon tumbuh dengan cepat, menjadi perusahaan publik pada tahun 1997 dengan pendapatan US$16 juta dan 180.000 pelanggan yang menjangkau lebih dari 100 negara, menurut pengarsipan SEC-nya.

Meskipun ia memiliki firasat tentang pertumbuhan internet, Bezos tidak pernah berharap Amazon tumbuh sejauh yang dimilikinya saat ini.

"Apa yang sebenarnya terjadi selama 25 tahun terakhir jauh melampaui harapan saya. Saya mengirimkan paket sendiri, kami menjual buku. Saya berharap untuk membangun perusahaan, tetapi bukan perusahaan yang Anda lihat hari ini," katanya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA