Bursa Jepang Pimpin Pasar Saham Asia Naik

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Senin 20 Januari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Tokyo - Bursa saham Jepang naik tipis pada Senin (20/1/2020) karena investor mencari petunjuk perdagangan di depan Bank of Japan memulai pertemuan kebijakan dua hari. Musim pendapatan di Jepang juga akan dimulai akhir pekan ini.

Indeks Nikkei naik 56 poin di awal perdagangan, dengan perdagangan dolar AS di 110,18 yen, dibandingkan dengan 110,20 pada penutupan pasar saham Tokyo Jumat. Nikkei Stock Average NIK, + 0,18% berakhir 0,5% lebih tinggi pada 24041,26 pada hari Jumat.

Pertumbuhan PDB Korea Selatan cenderung meningkat pada 4Q dari kuartal sebelumnya, kata para analis. Korea Selatan kemungkinan tumbuh 0,7% pada kuartal keempat versus ekspansi 0,4% kuartal ketiga, menurut perkiraan median dari tujuh ekonom yang disurvei oleh Wall Street Journal.

Ekspor negara itu belum membaik secara signifikan meskipun ada ketegangan yang mereda antara AS dan China, dan permintaan yang lamban masih membebani ekonomi domestik, kata ekonom Eugene Investment & Securities, Lee Sang-jae. Data 4Q ditetapkan akan dirilis Rabu pagi. Indeks Kopsi 180721, + 0,54% indeks naik di bawah 1% awal Senin. seperti mengutip cnbc.com.

Bank sentral China akan melanjutkan pemotongan suku bunga sebelum terlalu lama, dengan 50 basis poin pelonggaran pada akhir 2020, kata Julian Evans-Pritchard, ekonom senior China di Capital Economics. Bank sentral tampaknya telah mengadopsi pendekatan tunggu dan lihat dalam menanggapi peningkatan baru-baru ini dalam data ekonomi. Tetapi Capital Economics skeptis bahwa peningkatan terbaru dalam kegiatan ekonomi menandai dimulainya perputaran yang berkelanjutan.

Bank sentral China membiarkan suku bunga pinjaman satu tahun tidak berubah pada 4,15%, menunda pelonggaran kredit lebih lanjut karena menggunakan metode lain untuk memompa likuiditas di pasar menjelang Tahun Baru Imlek.

Saham-saham di China bervariasi Senin pagi, dengan Shanghai SHCOMP, + 0,66% menguat dan Hang Seng HSI HSI, -0,56% jatuh.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA