Eks Menag Lukman Hakim Terima Rp70 juta

IS
Oleh Ivan Setyadhi
Senin 20 Januari 2020
share
Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terbukti ikut menerima suap dalam perkara jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam sidang vonis terhadap eks Ketum PPP Romahurmuziy alias Rommy yang dibacakan sesaat tadi, majelis hakim memasukkan nama Lukman Hakim sebagai pihak yang ikut menerima suap bersama Rommy.

"Lukman Hakim Saifuddin menerima sebesar Rp70 Juta yang diterima oleh Lukman Hakim tanggal 1 Maret 2019 sejumlah Rp50 juta dan tanggal 9 Maret 2019 sejumlah Rp20 Juta melalui ajudan Lukman Hakim Saifuddin, Heri Purwanto," kata hakim anggota Ponto saat membacakan amar putusan terdakwa Romahurmuziy alias Rommy di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/1/2020).

Uang itu terkait proses seleksi Haris Hasanuddin, padahal Haris tidak masuk tiga besar calon kepala Kanwil Kemenag Jatim dalam proses seleksi.

Sementara Rommy disebut terbukti menerima Rp255 juta dari Haris. Hakim menyatakan perbuatan Rommy dilakukan bersama-sama dengan Lukman Hakim.

Rommy dan Lukman Hakim disebut melakukan intervensi terhadap panitia seleksi terkait seleksi jabatan yang diikuti Haris Hasanuddin. Kendati begitu, hakim memerintahkan Jaksa KPK untuk mengembalikan uang lainnya yang disita dari Lukman Hakim.

Pada perkaranya, Rommy divonis 2 tahun penjara, denda Rp100 Juta subsider 3 bulan kurungan. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA