Bursa Saham Eropa Mulai Jatuh

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Selasa 21 Januari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Pasar saham Eropa jatuh pada Selasa pagi (21/1/2020), pada awal World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, karena kekhawatiran tentang jenis baru pneumonia di Cina mengenai aset berisiko.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 turun 1% di awal perdagangan, dengan sumber daya dasar turun 1,8% untuk memimpin kerugian karena semua sektor dan bursa utama tenggelam ke wilayah negatif karena kekhawatiran atas merebaknya jenis pneumonia baru di China.

Fokus pasar pada hari Selasa, kemungkinan akan ada pada pembukaan acara WEF tahunan di Davos, tempat para politisi dan pemimpin bisnis akan berkumpul seperti mengutip cnbc.com.

Perubahan iklim dan bisnis yang berkelanjutan akan menjadi fokus utama bagi para delegasi pada KTT WEF tahun ini. Tetapi risiko politik lainnya seperti perdagangan internasional dan ketidakstabilan geopolitik kemungkinan juga akan menjadi agenda.

Para hadirin terkenal tahun ini termasuk Presiden AS Donald Trump, Kanselir Jerman Angela Merkel dan aktivis iklim Greta Thunberg.

Baik Trump maupun Thunberg, yang posisinya dalam perubahan iklim terpisah satu sama lain, diperkirakan akan naik ke panggung di WEF pada hari Selasa; Thunberg akan berbicara di panel pada pukul 7:30 pagi waktu London dan Trump akan menyampaikan pidato utama pada pukul 10:30 pagi waktu London.

Acara itu sendiri telah dikritik karena menempatkan perubahan iklim di bagian atas agenda, dengan aktivis lingkungan berargumen bahwa delegasi yang tiba di pesawat pribadi mewakili beberapa pelanggaran iklim terburuk.

Sementara itu di Asia, ekuitas berubah negatif pada Selasa pagi sebelumnya di tengah meningkatnya kekhawatiran atas penyebaran virus di Cina, yang dibandingkan dengan wabah SARS yang menewaskan 800 orang pada 2002/2003. Penerbangan dari aset berisiko menyebar ke seluruh pasar global.

Saham-saham di Hong Kong memimpin penurunan secara regional di antara pasar-pasar utama Asia pada hari Selasa setelah lembaga pemeringkat Moody memangkas peringkat kota untuk Aa3 dari Aa2 pada hari Senin.

Saham UBS turun 5% dalam perdagangan awal setelah pemberi pinjaman Swiss kehilangan target laba 2019 kunci dan memotong pedoman jangka menengahnya, sementara Burberry tergelincir 3,7% karena saham mewah terpukul oleh kekhawatiran permintaan yang timbul dari wabah virus Cina.

Di puncak benchmark Eropa, saham Hugo Boss naik 3,5% setelah rumah mode Jerman melaporkan pertumbuhan penjualan kuartal keempat yang lebih baik dari perkiraan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA