Napi Lapas Bojonegoro Ditemukan Tewas

IN
Oleh inilahcom
Selasa 21 Januari 2020
share
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bojonegoro Edy Saryanto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bojonegoro - Seorang narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro meninggal dunia. Jenazahnya kini dilakukan otopsi di RSUD Bojonegoro dan akan dipulangkan ke rumah duka.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bojonegoro Edy Saryanto mengatakan, napi yang meninggal dunia bernama Siar (52) Warga Kabupaten Tulungagung. Napi kasus pencurian dan pemberatan itu merupakan pindahan dari Lapas Kediri.

Sesuai dengan amar putusan, Siar harus menjalani hukuman pidana selama lima tahun. Dan akan bebas pada 2023. Namun, ditengah menjalani setengah dari amar putusan dia meninggal dunia. "Kita akan antar jenazah ke rumah duka," ujarnya, Selasa (21/1/2020).

Menurut Edy Saryanto, sebelum narapidana tersebut meninggal, pihaknya sudah mendapat laporan dari petugas. Siar dilaporkan sedang sakit sekitar pukul 23.30 WIB, kemarin. Sempat di rawat di ruang medis yang ada di Lapas. Kemudian dirujuk ke rumah sakit.

"Saat akan dibawa ke rumah sakit meninggal dunia. Rekam medisnya punya penyakit jantung. Pihak keluarga sudah dihubungi dan membenarkan kalau napi ini punya penyakit jantung," terangnya.

Terkait dengan pemindahan narapidana tersebut, mantan petugas Lapas Nusakambangan itu menjelaskan bahwa pemindahan narapidana tersebut sudah biasa dilakukan antar Lapas. Termasuk salah satunya yang dilakukan terhadap napi atas nama Siar.

"Pemindahan napi Siar itu karena pembinaan. Tetapi ada juga pemindahan napi itu karena alasan keamanan," pungkasnya.

Sementara diketahui, sesuai dengan data di papan informasi yang ada di Lapas Kelas II A Bojonegoro, jumlah narapidana dan tahanan sebanyak 422 orang. Dengan rincian sebanyak 293 orang narapidana dan 129 orang tahanan. [beritajatim]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA