Ini Penggunaan Dana Obligasi Dolar Anak Usaha BSDE

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Rabu 22 Januari 2020
share
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bumi Serpong Damai melalui anak usaha yaitu Global Prime Capital Pte Ltd (GPC) akan menerbitkan obligasi senior berdenominasi dolar AS mencapai US$300 juta dengan bunga 5,95% dan jatuh tempo pada tahun 2025.

Penerbitan tersebut akan dijamin perseroan dan beberapa anak usaha perseroan. Obligasi ini akan ditawarkan di dalam negeri dan di luar wilayah AS. Demikian mengutip dari keterbukaan informasi di BEI, Rabu (22/1/2020).

Untuk itu perseroan pada 20 Januari 2020 telah menandatangai Purchase agreement dengan Citigroup Global Markets Singapore Pte Ltd, Credit Suisse (Singapore) Limited, UBS AG Singapore Branch dan Mandiri Sekurities Pte Ltd. Mereka selalu pembeli awal.

Purchase Agreement juga dilakukan Gpc selalu penerbit, Global Prime Treasury Pte Ltd berdasarkan hukum yang berlaku di Singapura dan sepenuhnya dimiliki GPC, serta PT Sinar Mas Wisesa, PT Sinar Mas Teladan, PT Sinar Usaha Marga, PT Garwita Sentra Utama, PT Partika Candra pertiwi, PT Sentra Talenta Utama, PT Sinar Usaha Mahitala, PT Praba Selatas Pratama, PT Sentra Selaras Lestari, PT Bumi Sentra Selaras, PT Bumi Pramudita Mas, PT Duta Cakra Pesona dan PT Trans Bumi Serbaraja. Perseroan dan perusahaan tersebut selaku pemberi jaminan perusahaan dalam menerbitkan surat utang baru berdenominasi dolar AS tersebut.

Dana hasil penerbitan akan disalurkan ke dalam GPT melalui pengambilbagian modal saham tambahan GPT dan efek bersifat ekuitas berkelanjutan yang akan dikeluarkan GPT. Selanjutkan GPT akan menyalurkan dana tersbeut melalui pinjaman kepada perseroan bersasarkan perjanjian antar perusahaan dan rencananya akan digunakan perseroan melalui GPC selaku penerbit untuk melunasi sebagian utang perseroan termasuk pelunasan.

Rencana lain untuk penukaran atau pembelian dan pembatalan surat utang jatuh tempo tahun 2021 dengan bunga sebesar 7,25% atau pelunasan utang perseroan berdenominasi rupiah pada atau sebelum jatuh tempo. Selan itu untuk modal kerja dan keperluan umum perseroan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA